TUGAS SOFTSKILL PROPOSAL “METODE PENELITIAN”
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Persaingan yang ketat pada dunia industri otomotif membuat
perusahaan-perusahaan terus memunculkan produk baru, terutama pada perusahaan
mobil. Persaingan tersebut dapat dilihat pada mobil kijang inova, grand livina
, toyota avanza, daihatsu xenia dan lain-lain. Sebagai perusahaan yang telah
dikenal masyarakat, tentunya membuat perusahaan terus menjaga ke eksistensia
produk mereka. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan
konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari perbaikan terus menerus yang dilakukan
perusahaan baik dari segi interior, maupun ekterior serta mesin yang dipakai
dalam mobil.
Perusahaan toyota sebagai perusahaan yang telah banyak
dikenal masyarakat, telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan penjualan
mereka. Mulai dari mobil toyota avanza yang telah mengalami perubahan generasi,
dimana perubahannya mulai dari pemilihan atribut yang dianggap unggul.
Atribut-atribut tersebut terlihat dari segi interior, ekterior dan mesin yang
semakin lengkap dan kokoh sehingga membuat penggunanya serasa lebih nyaman dan
aman. Mesin yang digunakan juga memakai kualitas yang baik sehingga mampu
mengoptimalkan kerja mesin dan efisiensi bahan bakar.
Diharapkan dengan atribut-atribut yang digunakan saat ini
dapat menjawab kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen. Bila konsumen merasa
puas dengan produk-produk tersebut, maka pada akhirnya konsumen akan loyal
terhadap produk perusahaan. Dengan demikian salah satu faktor yang menjadi daya
saing yang dapat ditingkatkan adalah loyalitas konsumen.
Berdasarkan latar belakang diatas maka peelitian ini
mengambil judul “ Pengaruh Variabel Interior, Ekterior dan Mesin Terhadap
Loyalitas Konsumen”.
1.2 PERUMUSAN MASALAH
Perumusan masalah merupakan masalah-masalah yang akan
dibahas dalam pembuatan laporan ini. Perumusan masalah dalam laporan akhir ini
adalah:
Mengetahui pengaruh dari intrior terhadap loyalitas
konsumen,
Mengetahui pengaruh dari eksterior terhadap loyalitas
konsumen.
Mengetahui pengaruh dari mesin terhadap loyalitas konsumen.
1.3 TUJUAN OBSERVASI
Penulisan dalam laporan ini memiliki tujun yang dicapai.
Berikut adalah tujuan penelitian yang dilakukan.
Untuk mengetahui pengaruh dari interior terhadap loyalitas
konsumen.
Untuk mengetahui pengaruh dari eksterior terhadap loyalitas
konsumen.
Untuk mengetahui pengaruh dari mesin terhadap loyalitas
konsumen.
1.4 PEMBATASAN PENELITIAN
Penulisan pada laporan ini memiliki pembatasan masalah,
dimana pembatasan masalah ini digunakan untuk membatasi masalah yang ada agar
tidak keluar dari permasalahan yang ada. Berikut ini adalah pembatasan masalah
pada penulisan laporan ini.
Produk mobil yang diteliti adalah Toyota Avanza.
Jumlah responden 30 orang.
Data yang diperoleh berdasarkan hasil quisioner.
1.5 METODE PENELITIAN
Metode penelitian dalam hal ini yaitu menggunakan metode
survei kepuasan konsumen. Berikut ini adalah metode dari penelitian.
Survei kepuasan konsumen dapat dilakukan dengan cara survei
melalui quisioner. Dengan metode ini perusahaan dapat menciptakan komunikasi 2
arah dan menunjukan perhatiannya kepada konsumen.
1.6 RENCANA WAKTU PENELITIAN
Rencana waktu yang dibutuhkan penulis yaitu dibuat dalam
bentuk tabel untuk mempermudah pembaca. Berikut adalah tabel rencana waktu
penelitian:
No
|
Kegiatan
|
Minggu :
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Penyusunan Proposal
|
|||||
2
|
Penentuan Sampel
|
|||||
3
|
Pengumpulan Data
|
|||||
4
|
Perhitungan Data
|
|||||
5
|
Pembuatan Laporan
|
|||||
6
|
Asistensi Laporan
|
|||||
7
|
Penyempurnaan Laporan
|
|||||
8
|
Penyelesaian Laporan
|
DAFTAR PUSTAKA
Philip Kotler, 1997:36, Kepuasan Konsumen
Yuyun Wirasasmita, Faisal Afif, M. Kusman Sulaeman 1993.
Aspek-Aspek Kewiraswastan: Pandangan dan Beberapa Hasil Penelitian. Bandung:
LM-FE Unpad
TUGAS SOFTSKILL PROPOSAL “METODE PENELITIAN”
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Persaingan yang ketat pada dunia industri otomotif membuat
perusahaan-perusahaan terus memunculkan produk baru, terutama pada perusahaan
mobil. Persaingan tersebut dapat dilihat pada mobil kijang inova, grand livina
, toyota avanza, daihatsu xenia dan lain-lain. Sebagai perusahaan yang telah
dikenal masyarakat, tentunya membuat perusahaan terus menjaga ke eksistensia
produk mereka. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan
konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari perbaikan terus menerus yang
dilakukan perusahaan baik dari segi interior, maupun ekterior serta mesin yang
dipakai dalam mobil.
Perusahaan toyota sebagai perusahaan yang telah banyak
dikenal masyarakat, telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan penjualan
mereka. Mulai dari mobil toyota avanza yang telah mengalami perubahan generasi,
dimana perubahannya mulai dari pemilihan atribut yang dianggap unggul.
Atribut-atribut tersebut terlihat dari segi interior, ekterior dan mesin yang
semakin lengkap dan kokoh sehingga membuat penggunanya serasa lebih nyaman dan
aman. Mesin yang digunakan juga memakai kualitas yang baik sehingga mampu
mengoptimalkan kerja mesin dan efisiensi bahan bakar.
Diharapkan dengan atribut-atribut yang digunakan saat ini
dapat menjawab kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen. Bila konsumen merasa
puas dengan produk-produk tersebut, maka pada akhirnya konsumen akan loyal
terhadap produk perusahaan. Dengan demikian salah satu faktor yang menjadi daya
saing yang dapat ditingkatkan adalah loyalitas konsumen.
Berdasarkan latar belakang diatas maka peelitian ini
mengambil judul “ Pengaruh Variabel Interior, Ekterior dan Mesin Terhadap
Loyalitas Konsumen”.
1.2 PERUMUSAN MASALAH
Perumusan masalah merupakan masalah-masalah yang akan
dibahas dalam pembuatan laporan ini. Perumusan masalah dalam laporan akhir ini
adalah:
Mengetahui pengaruh dari intrior terhadap loyalitas
konsumen,
Mengetahui pengaruh dari eksterior terhadap loyalitas
konsumen.
Mengetahui pengaruh dari mesin terhadap loyalitas konsumen.
1.3 TUJUAN OBSERVASI
Penulisan dalam laporan ini memiliki tujun yang dicapai.
Berikut adalah tujuan penelitian yang dilakukan.
Untuk mengetahui pengaruh dari interior terhadap loyalitas
konsumen.
Untuk mengetahui pengaruh dari eksterior terhadap loyalitas
konsumen.
Untuk mengetahui pengaruh dari mesin terhadap loyalitas
konsumen.
1.4 PEMBATASAN PENELITIAN
Penulisan pada laporan ini memiliki pembatasan masalah,
dimana pembatasan masalah ini digunakan untuk membatasi masalah yang ada agar
tidak keluar dari permasalahan yang ada. Berikut ini adalah pembatasan masalah
pada penulisan laporan ini.
Produk mobil yang diteliti adalah Toyota Avanza.
Jumlah responden 30 orang.
Data yang diperoleh berdasarkan hasil quisioner.
1.5 METODE PENELITIAN
Metode penelitian dalam hal ini yaitu menggunakan metode
survei kepuasan konsumen. Berikut ini adalah metode dari penelitian.
Survei kepuasan konsumen dapat dilakukan dengan cara survei
melalui quisioner. Dengan metode ini perusahaan dapat menciptakan komunikasi 2
arah dan menunjukan perhatiannya kepada konsumen.
1.6 RENCANA WAKTU PENELITIAN
Rencana waktu yang dibutuhkan penulis yaitu dibuat dalam
bentuk tabel untuk mempermudah pembaca. Berikut adalah tabel rencana waktu
penelitian:
No
|
Kegiatan
|
Minggu :
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Penyusunan Proposal
|
|||||
2
|
Penentuan Sampel
|
|||||
3
|
Pengumpulan Data
|
|||||
4
|
Perhitungan Data
|
|||||
5
|
Pembuatan Laporan
|
|||||
6
|
Asistensi Laporan
|
|||||
7
|
Penyempurnaan Laporan
|
|||||
8
|
Penyelesaian Laporan
|
DAFTAR PUSTAKA
Philip Kotler, 1997:36, Kepuasan Konsumen
Yuyun Wirasasmita, Faisal Afif, M. Kusman Sulaeman 1993.
Aspek-Aspek Kewiraswastan: Pandangan dan Beberapa Hasil Penelitian. Bandung:
LM-FE Unpad
Tidak ada komentar:
Posting Komentar